Minggu, 11 Oktober 2020

NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM PASKIB SEKOLAH



PASUKAN PENGIBAR BENDERA MUDA

(PASBARADA) 

SPENDA PLUMPANG KABUPATEN TUBAN

 

            Ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera (paskibra) tidak hanya mengajarkan baris-berbaris.  Banyak pendidikan karakter yang didapatkan dari kegiatan tersebut seperti kedisiplinan, ketangguhan, dan jiwa kepemimpinan. 

Penanaman karakter pendidikan kepada peserta didik sangat penting dan diberikan dalam Paskibra yang bertujuan agar mampu berjiwa besar, korsa, dan menjunjung nasionalisme. Keberadaan ekskul di sekolah sangatlah penting. Selain mewadahi minat bakat siswa, ekskul juga berperan sebagai tempat untuk monerahkan prestasi siswa di bidang non-akademis. Karena, tidak semua siswa bisa bersaing di bidang akademis. Maka, ada ekskul yang bisa menunjang anak untuk berprestasi di bidangnya.  Hal ini terbukti dengan banyaknya ajang lomba keterampilan baris-berbaris bagi anggota paskibra yang diadakan oleh berbagai lembaga. Mulai dari sekolah hingga komunitas kebangsaan dari purna paskibra. Selain itu, seleksi untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Paskibra Pusaka (Paskibraka) baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, semua dimulai dengan menjadi anggota paskibra di sekolah.




           SMP Negeri 2 Plumpang memiliki wadah tersebut dalam Pasukan Pengibar Bendera Muda. Ekskul Paskibra, seperti juga PMR, Pramuka dan ekskul di bidang seni dan olahraga bukan sesuatu yang asing di SMP Negeri 2 Plumpang.

Mengikuti ekskul Paskibra membuat peserta didik mendapatkan banyak manfaat, antara lain:

ü  Melatih kedisiplinan. Peserta didik harus berlatih tepat waktu, mengikuti gerakan dengan benar dan kompak, mengikuti instruksi dan banyak lagi. Setiap kesalahan ada konsekuensinya, dan ketidakdisiplinan akan sangat berpengaruh pada keberhasilan tugas mereka.

ü  Menguatkan fisik. Berlatih baris-berbaris di lapangan terbuka secara rutin tentu akan menguatkan fisik . Belum lagi latihan olahraganya.

ü  Memiliki rasa cinta tanah air. Anggota Paskibra tidak hanya harus bisa berbaris dan mengibarkan bendera. Ia juga akan dibekali wawasan tentang negara dan tanah airnya, membuat peserta diidik semakin mengenal dan mencintai Indonesia.

ü  Bersosialisasi. Dalam ekskul Paskibra peserta didik tidak hanya bisa memiliki banyak teman, tetapi juga belajar bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Bayangkan apa jadinya bila pasukan pengibar bendera tidak kompak.

ü  Memupuk jiwa kepemimpinan. Peserta didik tak hanya berlatih mengikuti instruksi, ia juga bisa berperan sebagai pemimpin yang memberi aba-aba buat kelompoknya. Saat menjadi senior, ia dituntut untuk membimbing juniornya.

            Prestasi dalam LKBB (Lomba Kreasi Baris Berbaris) yang diraih oleh Pasbarada SMP Negeri 2 Plumpang patut mendapatkan apresiasi, sesuai dengan semangat mereka yang pantang menyerah dalam berlatih. Dan motto yang telah menjadi semangat dalam bertindak. Kekuatan kebersamaan sebagai anggota Paskibra adalah hal yang sangat berharga, mereka bangga menjadi anggota Paskibra, dan berkomitmen melakukan sesuatu yang positif.

              Salam Paskibra Indonesia. karakter Mandiri, disiplin, pantang menyerah dan tenggang rasa adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap anggota Paskibra.

   Berikut ini penulis tayangkan penampilan Pasbarada dalam salah satu even lomba:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar