REFLEKSI PEMBELAJARAN : KONSEP DASAR ILMU PENDIDIK
Setelah melakukan pembelajaran pada Modul Pedagogik 1 tentang Konsep Dasar Ilmu Pendidik pada perkuliahan hari ini melalui pembelajaran sinkron dan asinkron .Maka sayadapat mengambil beberapa kesimpulan.
Pengalaman baru yang saya peroleh,
tentang sistem pembelajaran daring PP Dalam Jabatan Tahun 2020 yaitu
penggunakan tautan LMS (Learning
Management System) yang menggunakan sistem self services dan self
guides menambah pengetahuan saya akan sistem daring.
Namun terbatasnya waktu penyampaian ulasan materi dan motivasi oleh
fasilitaor, membuat kami agak kurang leluasa dalam mengikuti mata perkuliahan.
Kendala sinyal, sistem/server yang error membuat kami merasa was-was jika
tertinggal materi atau poko bahasan
serta kawatir tidak terekam sistem mengenai kehadiran kami dikarenakan
faktor tersebut.
Fasilitator dan admin yang menyenangkan, ramah, dan solutif membuat kami
nyaman, dan semoga perkuliahan kedepan demikian halnya.
Tentang materi yang kami pelajari sangat luar
biasa. Pada Modul Pedagogik 1 tentang Konsep Dasar Ilmu Pendidik ini banyak
ilmu-ilmu dan pengetahuan yang menguatkan tujuan kami sebagai pendidik
profesional.
Dengan demikian sebagai pendidik professional
kita perlu melakukan segala tindakan yang terarah kepada tujuan, yaitu agar
peserta didik mampu melaksanakan berbagai peranan sesuai dengan perannya
berdasarkan nilai-nilai dan norma-norma yang diakui dalam masyarakat
Sehubungan dengan hal tersebut, kegiatan
belajar 1 ini menyampaikan Konsep, rasional dan landasan ilmu pendidikan
sebagai bekal bagi pendidik profesional dalam melaksanakan praktik pendidikan.
Sebagai pendidik profesional melaksanakan praktik pendidikan tidaklah boleh
dilaksanakan secara sembarangan tanpa landasan yang jelas. Namun,
pelaksanaannya harus didasari konsep yang kuat dan terencana.
Dalam kegiatan belajar 2 disampaikan tentang karakteristik peserta didik .
Dalam suatu kelas atau sekolah peserta didik memiliki karakteristik yang
berbeda- beda. Perbedaan-perbedaan yang ada perlu dikelola secara baik. Namun
jika perbedaan tersebut tidak dikelola secara baik, maka akan menimbulkan
permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Karakteristik peserta didik
banyak ragam yaitu: etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan
kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi,
perkembangan sosial dan perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan
motorik.
Kegiatan belajar 3 mengulas tentang Teori Belajar dan implikasinya
dalam pembelajaran. Sebagai seorang guru kita harus memiliki pemahaman yang
baik terkait teori-teori belajar yang melandasai dalam praktik pembelajaran. Penerapan dari berbagai
teori belajar sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran, dimana guru dapat
memahami bagaimana peserta didik belajar, membantu dalam membuat perencanaan
suatu proses pembelajaran agar lebih efektif, efisien, menantang dan
menyenangkan bagi peserta didik. Tidak hanya itu dengan menguasai beragam teori
belajar dan implikasinya dalam pembelajaran akan memandu guru dalam memberikan
dukungan dan bantuan kepada peserta didik sehingga dapat mencapai hasil yang
maksimal.
Kurikulum Pendidikan Indonesia dibahas dalam kegiatan belajar 4. Peran
utama dari kurikulum yang dinilai sangat penting, yaitu peran konservatif, kreatif dan kritis evaluatif. Peran
kurikulum harus berjalan seimbang dan harmonis, agar dapat sesuai dan memenuhi
tuntutan keadaan. Jika tidak maka dalam implementasinya akan terjadi ketimpangan
atau ketidaksesuaian yang berdampak pada kegagalan dari suatu implementasi yang
tidak membekalkan secara tepat kepada siswa terkait apa yang di pelajari,
bagaimana mempelajari dan mengapa dipelajari. Menyelaraskan ketiga peranan
tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak dalam proses pendidikan termasuk
guru sebagai ujung tombak pelaksana kurikulum.
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga
kita bisa menjadi guru yang berlandaskan pendidikan, memahami karakter siswa,
menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa dan
menyiapkan kurikulum sesuai tantangan masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar